Selamat Datang - Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Minggu, 21 November 2010

TOKOH PENEMU DAN ILMUWAN TERKENAL DI DUNIA (BAGIAN 2)

ANDRE-MARIE AMPERE
(20 Januari 1775-10Juni 1836)

Adalah fisikawan dan ilmuwan Prancis yang serba bisa yang juga merupakan salah satu pelopor di bidang listrik dinamis (elektrodinamika). Ia lahir di Polemieux-au-Mont-d'Or dekat kota Lyon. Ampere merupekan ilmuwan pertama yang mengembangkan alat untuk mengamati bahwa dua batang konduktor yang diletakan berdampingan dan keduanya mengalirkan listrik searah akan saling tarik menarik dan jika berlawanan arah akan saling tolak menolak (elektromagnetisme).


LUOIS PASTEUR
(27 Desember 1822-28 September 1895)

Louis Pasteur adalah ilmuwan kelahiran Prancis. Penemuan awalnya adalah pasteurisasi yaitu mematikan bakteri yang ada di susu dengan pemanasan. Pada usia 26 tahun ia sudah menjadi professor di Universitas Strasbourg, kemudian pindah ke Universitas Lille dan disana pada tahun 1856 ia melakukan penemuan yang sangat besar artinya bagi bidang kedokteran. Pasteur membuat obat untuk pencegah penyakit antraks dan menghasilkan suntikan untuk melawan penyakit anjing gila (rabies). Suntikan rabies Pasteur tidak hanya mencegah tetapi juga mengobati penyakit tersebut. Sejak tahun 1888 karya Pasteur dilanjutkan di Institut Pasteur di Paris. Kini institut itu mempunyai cabang di 60 negara.


ALEXANDER GRAHAM BELL
(Edinburgh, 3 Maret 1847-Nova Scotia, 2 Agustus 1922)

Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil. Bell umumnya dikenal sebagai penemu telepon, mesti Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci lah yang menemukan telepon.


WILHELM CONRAD RONTGEN
(27 Maret 1845-19 Pebruari 1923)

Fisikawan Jerman, penerima pertama Penghargaan Nobel dalam Fisika, pada tahun 1901, untuk penemuannya pada sinar X, yang menggembor-gemborkan zaman fisika modern dan merevolusionerkan kedokteran diagnostik. Penelitiannya juga termasuk karya pada elastisitas, gerak pipa rambut pada fluida, panas gas tertentu, konduksi panas pada kristal, penyerapan panas oleh gas dan piezoelektrisitas. Gambar sinar X pertama yang diambil oleh Rontgen adalah gambar tangan istrinya, Albert von Kolliker.


JOHANNES GUTENBERG
(Sekitar 1398-3 Februari 1468)

Nama lengkapnya ialah Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg, seorang pandai logam dan penemu berkebangsaan Jerman yang memperoleh ketenaran berkat sumbangannya bagi teknologi percetakan pada tahun 1450-an, termasuk aloy logam huruf (type metal) dan tinta berbasis minyak, cetakan untuk mencetak huruf secara tepat, dan sejenis mesin cetak baru yang berdasarkan pencetak yang digunakan dalam membuat anggur. Tradisi menamainya sebagai pencipta movable type di Eropa, suatu perbaikan sistem pencetakan block yang sudah digunakan di wilayah tersebut. Dengan mongkombinasikan unsur-unsur ini dalam suatu sistem produksi, ia memungkinkan terjadinya pencetakan materi tertulis secara cepat, serta terjadinya letakan informasi di Eropa Renaisans.



>>Dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar: