Selamat Datang - Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Rabu, 16 Desember 2009

JALAN-JALAN KE PANGANDARAN DAN GREEN CANYON

Sekitar bulan Juli kemarin, keluarga besar SMA Negeri 1 Cibingbin melakukan tour wisata ke Pangandaran dan Green Canyon. Dengan menggunakan dua bis pariwisata kami berangkat pada pukul 05.00 pagi dari Kecamatan Cibingbin Kab. Kuningan. Perjalanan menuju ke Pangandaran memerlukan waktu kurang lebih 7 jam. Objek wisata yang pertama kami kunjungi adalah Objek Wisata Green Canyon atau juga disebu dengan Cukang Taneuh.
Objek wisata ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis. Untuk mencapai ke sana jaraknya sekitar 30 kilometer dari Pantai Pangandaran atau sekitar 30 menit perjalanan. Di lokasi tersebut terdapat keindahan batuan stalagnit di mulut gua, serta keindahan air terjun yang keluar dari celah bebatuan.
Untuk menuju lokasi tersebut pengunjung harus menggunakan perahu sewaan dari tempat pembelian tiket yaitu di Dermaga Ciseureuh, diperlukan biaya Rp.75.000 per perahu dengan kapasitas penumpang 5-6 orang, diperlukan waktu sekitar 45 menit. Sayang sekali pada saat kami berkunjung ke Green Canyon tersebut, air di sepanjang aliran sungai menuju gua airnya berwarna coklat, tidak seperti biasanya yang berwarna hujau. Namun dapat terobati karena selama melewati sungai tersebut mata kami dimanjakan dengan hijaunya tahaman-tanaman khas muara sungai.
Kedalaman sungai bisa mencapai kedalaman 7 meter, sedangkan di lokasi Green Canyon hanya sekitar 4 meter. Tiba di mulut Green Canyon kami langsung disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Goa setinggi lebih dari 30 meter sangat menarik untuk kami abadikan dengan kamera foto.
Tepat dibawah mulut gua ada hamparan sungai yang tidak terlalu dalam, para pengunjung dapat berenang. Sayang kami tidak bisa berlama-lama dekat dengan gua karena pada saat itu airnya sedang deras. Kami pun kembali ke dermaga. Setelah beristirahat, kami melanjutkan perjalanan menuju tempat penginapan yang berada di Pantai Utara Pangandaran untuk beristirahat.